sponsor 2a

Your Ad Here

Selasa, 24 Agustus 2010

9 (SEMBILAN) KUNCI SUKSES FOR TEACHER MEMBUAT CLASSROOM ACTION RESEARCH

Apakah anda seorang mahasiswa yang kebingungan untuk membuat skripsi yang berbasis Penelitian Tindakan Kelas? Atau anda seorang teacher yang ingin membuat Karya Tulis Ilmiah khususnya tentang Classroom Action Research? Ataukah hanya pemerhati pendidikan yang menginginkan kemajuan pendidikan di negeri ini?
      Siapapun anda, Anda layak untuk membaca tulisan ini. Bacalah seterusnya, barangkali tulisan ini bisa memberi anda inspirasi dan menguatkan tangan anda bergerak untuk membuat tulisan yang berhubungan dengan Classroom Action Research.
      Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu bagian dari Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang sangat mudah dilakukan baik dalam pengembangan profesi guru maupun untuk tugas akhir yang berupa skripsi bagi mahasiswa. Namun sayangnya masih banyak mahasiswa maupun guru yang kesulitan untuk membuat KTI yang berbentuk Penelitian Tindakan Kelas ini.
     Sebenarnya ada langkah-langkah jitu yang yang biasa dilakukan oleh para Teacher Professional untuk bisa menyusun sebuah proposal PTK bahkan sampai menjadikan proposal PTK tersebut menjadi suatu laporan Penelitian Tindakan Kelas. Guru-guru yang sangat professional dalam menghasilkan sebuah PTK memulai langkah penelitian dari hal yang paling sederhana. Hal ynag sangat sederhana tersebut adalah menerapkan 9 (sembilan) KUNCI SUKSES FOR TEACHER dalam membuat suatu penelitian.
     Adapun 9 (sembilan) KUNCI SUKSES FOR TEACHER dalam membuat suatu Penelitian Tindakan Kelas adalah sebagai berikut: 
     1. Membuat Case Study
     2. Membuat Kajian Kritis
     3. Mengidentifikasi Masalah
     4. Menyusun Proposal 
     5. Merencanakan Tindakan
     6. Melaksanakan Tindakan dan Mengumpulkan  Data
     7. Menganalisis dan Menginterpretasi Data
     8. Merefleksi dan Menindaklanjuti
     9. Menyusun Laporan
     Dari sembilan langkah di atas, langkah PERTAMA yang harus dilakukan adalah Membuat Case Study. Mengapa harus MEMBUAT CASE STUDY? Jawaban singkatnya adalah karena dari CASE STUDY kita bisa mendapatkan banyak masalah atau problema yang terjadi di kelas kita yang pada gilirannya akan menuntut kita untuk segera menyelesaikan masalah tersebut. 

Apakah anda memiliki pemikiran yang lain?

Artikel Lainnya.

Tidak ada komentar: